Selamat pagi Bapak Ibu,

Kali ini bakal agak panjang untuk penjelasan produk ini. Saya coba merangkumnya, semoga mudah dicerna dan dipahami ya.

Kembali lagi Manulife meluncurkan produk terbarunya untuk special Asuransi Jiwa dan Kesehatan terbaru untuk level Premium dengan cover limit paling tinggi dibanding produk asuransi kesehatan yang sudah ada di Manulife, dimana produk sebelumnya ini yang laris manis dibeli banyak sekali nasabah2 saya yaitu MiUltimate Healthcare.

Lalu apa sih kelebihan dari produk yang terbaru ini?

fyi, Manulife Prime Assurance (MPA) merupakan produk jenis asuransi unitlink, namun Anda harus lebih  membaca secara detail tentang spesifikasi produk ini, sebelum memutuskan untuk menolak atau membelinya. Karena unitlink di produk ini tidak sama seperti produk2 unitlink whole life pada umumnya.

Basic product : Manulife Prime Assurance, berupa asuransi jiwa dengan minimal Uang Pertanggungan mencapai 3 Milyar dan bisa Anda beli lebih dari 100 milyar dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya,

Berikut asuransi tambahan / rider apa saja yang ada di produk ini :

Hospital Prime Care, Asuransi Kesehatan As Charge ekslusif di seluruh belahan dunia.

  • Early Prime Care, Asuransi Penyakit Kritis dengan cover mulai stadium awal mulai individu s.d keluarga.
  • Prime Waiver of Premium, Asuransi Pembebasan Premi jika terjadi resiko ketidakmampuan.

Berbicara tentang kelebihan sebuah produk, kalau meilhat premi minimal di produk ini cukup tinggi, apa sih yang menjadi kelebihannya, let’s check it out :

  • Uang Pertanggungan s.d > 100 Milyar rupiah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Biaya Akuisisi hanya 20% saja di tahun pertama polis, tahun ke 2 dstnya tidak ada biaya akuisisi.
  • Manfaat Loyalitas 15% per tahun selama 5 tahun dengan total 75% dari Premi Dasar dengan ketentuan :

.: Polis masih kondisi Aktif

.: Tidak ada penarikan s.d akhir tahun ke 6 dan premi selalu dibayarkan selama 5 tahun pertama plus premi tahun berjalan juga dibayarkan. Jika ada penarikan di tahun2 tersebut (tahun ke 6 s.d th ke 10, maka akan mempengaruhi hak manfaat loyalitas ini.

.: Polis tidak pernah Lapse dalam 5 tahun pertama Polis.

Nasabah tetap dapat menerima manfaat loyalitas ini meskipun pembayaran premi dasar melalui Automatic Premium Fund (premi yang dibayar melalui pemotongan nilai polis top up secara otomatis apabila premi dasar tidak bisa dibayarkan oleh Nasabah sampai dengan masa leluasa 60 hari berakhir. Masa leluasa adalah masa tenggang dari sejak tanggal jatuh tempo s.d akhir selama 60 hari)

  • Tambahan alokasi investasi 2% per tahun mulai tahun ke 11 dst nya.
  • Batasan Non Medical Limit hingga 10 Milyar rupiah
  • Batas manfaat Asuransi Kesehatan s.d 50 Milyar rupiah per tahun.
  • Perlindungan kesehatan terhadap 108 penyakit kritis.
  • Layanan prioritas Nasabah dengan MiAssist.

Sumber info : Manulife Indonesia
  • Jaminan Polis aktif selama 10 tahun pertama meskipun di perjalanan 10 tahun tersebut nilai polis mengalami penurunan sehingga tidak bisa men-cover Biaya Asuransi (Cost of Insurance-COI), dengan ketentuan nasabah membayar premi sesuai jatuh tempo dan tidak ada penarikan di 10 tahun pertama tersebut.

Biaya-biaya yang terdapat dalam produk Manulife Prime Assurance :

  • Biaya Pemeliharaan Polis sebesar 20% dari premi yang dibayarkan di tahun pertama, tahun ke 2 dstnya tidak ada. Mulai tahun ke 2 premi yang dibayarkan 100% dialokasikan ke investasi
  • Biaya Pertanggungan Dasar (Cost of Insurance-COI / Biaya Asuransi) untuk Asuransi Jiwa dan Biaya Pertanggungan Tambahan (Cost of Rider-COR / Biaya Asuransi Tambahan) untuk Asuransi Tambahan / Rider.
  • Biaya Administrasi sebesar 0,417% x nilai polis yang terbentuk. Semakin tinggi nilai polis, maka semakin tingi biaya administrasinya, namun biaya admin ini hanya dikenakan di 7 tahun pertma polis saja.
  • Biaya Pengelolaan Dana Investasi 1,25% s.d 2,5% (tergantung fund yang dipilih, seperti Manulife Dana Pasar Uang, Manulife Dana Ekuitas, Manulife Pendapatan Tetap Negara, dll)
  • Biaya Perubahan Alokasi Investasi (Switching), diberikan GRATIS maksimal 4x dalam setahun. Jika melebihi maka perubahan ke 5 di tahun tersebut akan dikenakan biaya Rp 50.000,- atau $5 USD untuk setiap perubahan alokasi investasi.
  • Biaya Pengambilan Unit atau nama lainnya biaya penarikan. Contoh : Tahun ke 3, nilai polis yang terbentuk 300 juta, lalu Nasabah akan melakukan penarikan sebesar 200 juta, maka Nasabah tersebut akan dikenakan biaya penarikan 60% x 200 juta = 120 juta, sehingga dana yang bisa diterima sebesar 80 juta. Untuk Nilai Polis Top Up, tidak dikenakan biaya penarikan jika terjadi penarikan.
  • Biaya Pembatalan Unit, persentasenya sama seperti Biaya Pengambilan Unit di atas.
  • Biaya Cuti Premi atau Cuti Premi Otomatis jika terjadi Automatic Premium Holiday (APH). Fyi, APH terjadi jika sampai masa leluasa berakhir, Nasabah tidak melakukan pembayaran dan nilai polis Top Up tidak cukup untuk Automatic Premium Fund (APF) / Pemotongan nilai polis untuk membayar premi dasar secara otomatis. Biayanya jika terjadi di tahun ke 1 s.d tahun ke 7, biaya yang dikenakan 8% x premi dasar. Tahun ke 8 Free.

Ketentuan CUTI PREMI :

Nasabah bisa menggunakan fasilitas cuti premi mulai dari tahun ke 6 melalui pengajuan ke Manulife. Cuti premi berjalan selama 5 tahun dan bisa diperpanjang selama Nilai Polis mencukupi untuk membayar biaya2 yang dibutuhkan seperti biaya administrasi, biaya asuransi, dan biaya lainnya. Karena selama cuti premi, nilai polis tetap akan dipotong untuk membayar biaya2 tersebut.

Ketika polis dalam kondisi cuti premi, dan jika ada pembayaran premi, maka premi tersebut dialokasikan sebagai top up.

Ketentuan TOP UP : 

Berbicara mengenai Nilai Polis, disini ada Nilai Polis dari Premi Dasar dan ada Nilai Polis dari Top Up. Seperti yang saya sudah utarakan di atas bahwa Top Up hanya boleh dilakukan di tahun ke 2 Polis. Tahun Pertama belum diperbolehkan untuk Top Up.

Alokasi Investasi untuk Top Up dan Premi Dasar boleh sama dan boleh juga berbeda. Jika Nasabah tidak memilih alokasi investasi untuk Top Up maka Manulife akan mengalokasikan Top Up tersebut sama dengan alokasi investasi Premi Dasar. Top Up akan dimasukkan ke akun yang berbeda dari Premi Dasar. Top Up tersebut nantinya digunakan untuk menghindari keterlambatan pembayaran premi melalui APF (Automatic Premium fund)

Pilihan alokasi investasi yang bisa Anda pilih :

Manfaat tutup usia : Uang Pertanggungan + Nilai Polis Total

Manfaat Panjang Umur di akhir kontrak Polis : Nilai Polis Total

Syarat dan Ketentuan :

Usia Masuk :
– Usia 30 hari s.d usia 70 tahun, Pemegang Polis minimal usia 18 tahun
Anggota Keluarga yang dapat ditanggung = Pasanagan (Suami/Istri), dan Anak, dan Pemegang Polis

Ada 1 rider yang saya akan bahas di tulisan saya kali ini. Yaitu HOSPITAL PRIME CARE, Asuransi Tambahan / Rider di Manulife Prime Assurance yang memiliki benefit cover kesehatan as charge. Berikut penjelasan singkat mengenai produk asuransi kesehatan premium ini.

Manfaat Hospital Prime Care :

  • Memberikan manfaat penggantian biaya rumah sakit di dalam dan luar negri
    Plan Gold = Indonesia dan Malaysia
    Plan Platinum = Asia
    Plan Titanium = Seluruh Dunia kecuali USA
    Plan Titanium Plus = Seluruh Dunia termasuk USA
  • Pembayaran rumah sakit sesuai tagihan (as charge)
  • Fasilitas 1 tempat tidur terendah (single standard room) atau kamar 3 juta (mana yang paling besar) untuk Indonesia dan Malaysia.
  • Fasilitas Single Standard Room untuk diluar Indonesia dan Malaysia. Pengertian Single Standard Room ini adalah kamar dengan 1 (satu) tempat tidur pasien dengan harga terendah yang tersedia dan dilengkapi dengan kamar mandi atau toilet yang berada di ruang yang sama.
  • Limit Tahunan minimal 10 milyar per tahun dan maksimal 50 milyar per tahun.
  • Layanan kesehatan prioritas berupa Personal Assistant dan Medical Concierge Services (Layanan antar jemput dari Airport ke Rumah Sakit)
  • Pelayanan Dokter Umum 2x visit dalam 1 hari.
  • Kemudahan pembayaran dengan fasilitas cashless baik di rumah sakit dalam maupun luar negri.
  • Discount tambahan 5% jika 1 polis minimal 3 peserta (Ayah, Ibu, dan Anak), maksimal 10 orang.
  • Pertanggungan maksimal s.d usia 85 tahun, untuk anak yang ada di polis orang tuanya pertanggungan maksimal s.d usia 25 tahun.
  • Cover Pre and Post-Natal Complications dengan masa tunggu 10 bulan berlaku perawatan pasca melahirkan, dibatasi maksimal 30 hari.
  • Cover perawatan alternatif seperti Chiropractic, acupuncture, osteopathy, homeopathy, dan pengobatan traditional tiongkok.
  • Terdapat manfaat pengecualian sementara untuk penyakit2 yang sudah ada sebelumnya (preexisting condition) dengan ketentuan preexisting tersebut diterima di pengajuan polisnya : Tahun Polis ke 1 & 2 = Tidak ditanggung ; Tahun Polis ke 3 & 4 = 3 juta s.d 3,5 juta per tahun ; Tahun Polis ke 5 dstnya = ditanggung Terdapat manfaat Rawat Jalan, sepaket dengan produk dasar dari Hospital Prime Care tanpa Co-pay
  • Proteksi s.d usia 85 tahun

Masa Tunggu (Masa Eliminasi) untuk bisa klaim :

  • 30 hari untuk seluruh penyakit
  • 12 bulan untuk HIV / AIDS
  • 10 bulan untuk manfaat komplikasi melahirkan.
  • 4 bulan untuk 17 penyakit
Sumber info : Manulife Indonesia

Biaya Asuransi baik Cost of Rider setiap tahunnya mengalami kenaikan yang disebabkan oleh : Usia, Inflasi Biaya Medis, dan Ratio klaim seluruh nasabah Manulife. Premi yan dibayarkan Flat setiap tahunnya.

Klaim dibayarkan sesuai kwitansi dengan ketentuan rate kamar ketika dirawat maksimal sesuai dengan di pertanggungan yang dipilih di polis. Jika melebih rate kamar yang ada di Polis, maka akan berlaku Prorata, dimana Anda tidak hanya membayar kelebihan kamarnya saja.

Sumber info : Manulife Indonesia

Pembayaran premi berlaku untuk mata uang Rupiah (IDR) dan Dollar (USD)

Produk ini sistem klaimnya bisa koordinasi manfaat dengan asuransi lain, jika nasabah tidak melakukan klaim ke Manulife (hanya ke perusahaan lain), maka Manulife memberikan santunan tunai sesuai plan.

Sekian dulu penjelasan yang banyak ini untuk produk MPA dan asuransi tambahannya yaitu asuransi kesehatan Hospital Prime Care. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut bisa WA 08192130782 atau 08111190258 atau via Telegram ke 08111190258

Untuk penjelasan Rider lainnya, akan dibahas di artikel selanjutnya ya 🙂

Untuk mengetahui illustrasinya, bisa mengisi tabel berikut :