Berkaca dari PENGALAMAN orang tua yang tidak cukup persiapan saat PENSIUN, saya pun tidak mau mengulang kisah yang sama, ingin rasanya pensiun dengan rasa bahagia, rasa tenang, dan yg terpenting masih bisa bermanfaat untuk sekitaran saya.

Anda juga pasti ga menolak kan kalau ketika pensiun nanti, rekening tetap terlihat angkanya dengan digit yang banyak. Banyaknya berapa itu relatif karena setiap kebutuhan setiap orang berbeda beda.

Lalu untuk memasuki Masa Pensiun nanti, kira² apa yang perlu dipersiapkan?

Setelah membaca dari berbagai REFERENSI, saya mencoba menulis disini sebagai bahan pembelajaran saya juga, supaya tetap ingat kalau nyiapin dana pensiun itu juga penting banget. Selain Dana Pensiun, ada hal-hal fundamental lainnya juga yang perlu Anda siapkan.

Awal² Anda perlu hitung kira² berapa standar ideal pengeluaran kamu nantinya saat pensiun, karena kaitannya ada pengeluaran² proteksi juga seperti proteksi kesehatan yg masih tetap ada.

Serta usia berapa yang Anda tentukan untuk menjadi target usia pensiun.

Jadi kalau Anda sekarang menganggap 1 Milyar itu cukup untuk hidup sehari², akan menjadi tidak berlaku 15 atau 20 atau 25 tahun mendatang lho 🙂

Nah apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut tips dan triknya :

1.  Jangan puas dengan memiliki 1 “rekening tradisional”.

Misalkan saat ini BPJS ketenagakerjaan saja yang Anda miliki, Anda harus mulai mempelajari instrument² investasi, supaya bisa mengenal dan berinvestasi di platform yang lain sebagai tambahan, seperti Reksadana Campuran atau Saham, DPLK, Deposito, Emas dll.

Anda perlu menambah “rekening²” lain untuk menambah saldo dana pensiun Anda nanti.
Di masa pensiun ada pengeluaran yang bertambah seperti pembiayaan asuransi kesehatan karena semakin tinggi usia semakin tinggi iuran yang dibayar, dan ada yg menurun juga bahkan tidak ada lagi seperti biaya transportasi, pendidikan anak, dll.

2.   Segera bereskan HUTANG yang berjalan saat ini.

Hutang bisa menghalangi Anda untuk menabung maupun berinvestasi. Dan ketika mendekati usia pensiun nanti, jangan pernah mengambil pinjaman dengan jangka waktu yang panjang, alhasil dana pensiun akan tergerus oleh pembayaran hutang. Karena mau tidak mau ketika Anda tidak berpenghasilan tetap seperti sebelumnya, jangan ada outstanding hutang yang masih ada.

3.  Mencari Peluang Passive Income sedari dini.

Passive Income adalah penghasilan yang bisa diterima secara terus-menerus walaupun Anda sudah tidak bekerja. Di era saat ini banyak peluang-peluang yang ditawarkan untuk menjadi sumber passive income Anda. Pelajari secara detail, hati-hati ketika memilih sesuatu yang nantinya akan menjadi sumber penghasilan passive income Anda. Memiliki asset juga bisa menjadi passive income Anda seperti Property atau bidang lainnya. Menjadi influencer, atau membuat Blog juga bisa menjadi tambahan passive income Anda.

4. Siapkan Mental dan Fisik sedini mungkin.

Mental dan Fisik yang sehat memang harus diutamakan dari kapan aja, mulai dr sedini mungkin, apalagi ketika mendekati usia pensiun, hal ini makin perlu Anda siapkan. Terapkan gaya hidup sehat. Menjalani gaya hidup sehat selain untuk mencegah datangnya penyakit, selain mendatangkan manfaat untuk diri sendiri, juga bisa menularkan ke orang-orang disekitar kita terutama Keluarga.

5. Tekuni Hobi Anda

Setiap orang biasanya memiliki hobi dan aktifitas saat ini, ketika usia pensiun Anda bisa mengembangkan hobi tersebut dengen menekuninya lebih dalam lagi. Ketika Anda sudah ahli di bidang hobi yang Anda tekuni, tidak menutup keemungkinan hobi tersebut bisa mendatangkan penghasilan.

6. Hitung kebutuhan saat Pensiun

Anda bisa berhitung dari sekarang berapa kebutuhan bulanan saat pensiun nanti dengan mempertimbangkan adanya inflasi yang akan berpengaruh ke nilai uang di saat masa mendatang. Artinya jika kebutuhan saat ini dengan gambaran usia pensiun adalah 10 juta, asumsi rate inflasi 10% per tahun, dan Usia Pensiun Anda adalah 20 tahun lagi, maka untuk menyamakan kebutuhan 10 juta saat ini, maka 20 tahun kedepan nilainya setara dengan 26 juta saat nanti.

Usia Pensiun bukan berarti Anda tidak bisa produktif, usia hanyalah angka, Anda masih bisa produktif meskipun usia tidak lagi muda. Membuka lapangan kerja, memungkinkan Anda tetap berinteraksi dengan orang lain untuk mengurangi kebosanan. menjadi produktif di suai pensiun akan memperkuat finansial Anda.

Umur manusia akan terus bertambah, fase usia pensiun tidak bisa dihindarkan. Usia pensiun bukan menjadi sesuatu yang menyeramkan, melainkan menjadi fase Anda menikmati masa-masa istirahat namun tetap bisa produktif serta menjalankan kegiatan-kegiatan positif yang tidak bisa Anda lakukan saat aktif bekerja. Siapkan dan hitung sedini mungkin sehingga tidak ada lagi generasi sandwich di anak-anak Anda nantinya.

Masa pensiun sejahtera menjadi impian semua orang, dan impian Anda juga tentunya 🙂

Salam dari saya Nurul Widaninggar S

Follow saya di IG @nurul.widaninggar.s dan @halo.asuransi

Whatsapp : 08192130782 / 08111190258

Terima kasih 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.