Halo,

Saya ingin menyampaikan informasi mengenai cara pencairan Dana Pensiun DPLK.

Sedikit informasi, bahwa Manulife memiliki program pensiun Kumpulan / Individu yaitu DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Dana Pensiun ini dikelola Manager Investasi Manulife yaitu MAMI (Management Asset Management Indonesia)

Biasanya DPLK dibeli satu perusahaan untuk mengelola Dana Pensiun Karyawan-karyawannya. Nah, bagaimana jika karyawan tersebut mengundurkan diri (resign) atau sudah masuk di usia Pensiun dan ingin mencairkan Dana Pensiun DPLK nya?

Pertanyaan ini banyak saya terima via email, whatsapp, BBM, maupun via Telepon, dari para Nasabah DPLK Manulife yang berstatus sudah resign dari Perusahaan dimana tempat mereka bekerja sebelumnya.

Berikut cara pencairan Dana Pensiun DPLK, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi, yaitu :

  1. FC KTP/SIM/PASSPORT yang masih berlaku
  2. FC Cover Buku Rekening atau Rekening Koran dan Surat Kuasa di atas materai 6000 jika rekening tabungan bukan atas nama Anda
  3. Kartu DPLK asli
  4. FC Surat Keterangan Berhenti Kerja atau Pensiun dari Perusahaan
  5. Surat Keterangan Pernyataan Cacat dari Dokter bagi Anda yang berhenti karena Cacat.
  6. Mengisi Form Pembayaran Manfaat Pensiun, dimana halaman depannya adalah seperti ini:

Form ini berlaku jika Anda ingin mengambil seluruh dana pensiun Anda.

Cover Form Pembayaran Manfaat Pensiun

Cover Form Pembayaran Manfaat Pensiun

Lokassi formulir

Form ini bisa Anda download DISINI

Untuk Anda yang berada di luar kota Jabodetabek, Anda bisa mengirimkan dokumen Anda ke Manulife di alamat berikut :

PT. ASURANSI JIWA MANULIFE INDONESIA

Sampoerna Strategic Square, South Tower

Jl. Jend. Sudirman, Kav 45-46, Jakarta 12930

Telp : 021 25557777

Attn: Customer Service DPLK, lantai 3 

Setelah dokumen dikirim, silahkan konfirmasi ke Customer Service DPLK ke no : 021 2555 7777 dalam waktu beberapa hari kemudian, hanya untuk memastikan bahwa dokumen sudah diterima Manulife.

Note :

Jika Anda yang masih berusia dibawah 30 tahun, maka hanya Total Iurannya saja yang bisa diambil. Setelah usia Anda 30 tahun ke atas, Anda bisa mengambil keseluruhan pengembangan investasinya.

Jika Anda berusia sudah 30 ke atas, Semua dana pensiun mulai dari Total Iuran berikut pengembangan investasinya bisa diambil.

Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Salam,

Nurul Widaninggar S.

186 thoughts on “Bagaimana mencairkan Dana Pensiun DPLK Keseluruhan?

  1. Selamat siang bu,
    saya ikut dplk bank muamalat, sudah hampir 10 thn, usia saya sudah 40 thn dan sekarang saya masih bekerja, saya ingin mengambil semua dana saya di dplk karena saya pengen wiraswasta saja.
    apakah dana dplk saya bisa dicairkan semua bu ?
    terima kasih

    Like

      1. Maaf Bu ni saya Suriadi ingin menanyakan,saya sudah mengajukan permohonan pensiun tunda,saya sudah lengkapi data2 tersebut sudah 3 Minggu tapi ko belum ada pencairan juga ya Bu,kira2 berapa hari ya Bu baru cair

        Liked by 1 person

  2. Assalamu’alaikum Bu Wiwied

    Saya bekerja di suatu perusahaan oil & gas di pekanbaru dari bulan Oktober 2007 sampai Maret 2008 (5 bulan), saya mendapatkan kartu DPLK Manulife pada saat itu, namun kartu tersebut hilang pada saat ini, dan saya tetap mendapatkan informasi perkembangan saldo terakhir yang dikirimkan ke alamat pribadi rumah saya.

    Saya berencana ingin mencairkan dana tersebut dalam waktu dekat karena ada kebutuhan untuk biaya sekolah putra saya, jika kartu DPLK saya hilang,

    Apakah persyaratan yang harus saya penuhi untuk dapat mencairkan dana tersebut ?

    Terimakasih atas perhatian dan waktu Ibu Wiwied.

    Salam,

    Arief

    Like

  3. Mohon bantuan bu. Dulu saya kerja di suatu perusahaan, 6 th terakhir saya mengundurkan diri, dana pensiun saya AIA, sekarang usia saya 34th, bisa di bantu untuk pencairanya bu

    Like

  4. Assalamualaikum.
    Pak, saya Debby Pahlevi, mantan karyawan PT Coca-Coca Sentral Sumatera dengan nomor ID 20010729.
    Saya bekerja di PT Coca cola sejak tahun 2000 dan resign tahun 2013,pada usia 31tahun.
    Saat klaim penarikan dana manulife, saya hanya mendapatkan dana sebesar 60%.
    Dari informasi pertama, saya di beritahu pembayaran sisa ny saat umur nasabah 35 tahun.
    Nah, bagaimanakah cara prosedur mengambil sisa dana manulife saya tersebut yang saat ini umur saya sudah mencapai 35 tahun..??
    Mohon keterangan atau info nya Bapak atau Ibuk.

    Saat penari

    Like

  5. Saya mau mencairkan DPLK,apakah di harus kan pakai kartu npwp?
    saya belum punya npwp karna gaji di bawah Rp.4.500.000,-
    Pihak perpajakan mengharuskan gaji di atas Rp.4.500.000,- baru bisa bikin npwp
    gimana solusi nya? Trims

    Like

  6. Bu,pencairan dplk manulife apa memang harus menunggu aproval atau konfirmasi dari perusahaan tempat dulu kita bekerja ya?dulu saya bekerja di pt dowell anadrill schlumberger,dan sudah satu bualan lebih dana saya belum cair

    Like

  7. Tolong informasinya Buk
    Sy mo tanya gimana cara pengurusan dplk manulife yg berada diluar jabotabek khususnya di daerah Buk..
    Kalok sy baca dari atas persyaratannya dah lengkap termasuk umur jugak..
    Mohon bantuannya Buk
    Trmks

    Like

  8. selamat malam bu agu mau tanya bu dilu agu pas lg kerja di pt di daftarkan manufe bu tp saldo dan kartuy semua ke bakar yg tersimpan hanya surat penggalaman kerja saja bu ap masih bisa di urus mohon penjelasanya bu trimaksih

    Like

  9. Assalamualaikum bu wiwied mw tanya apakah ada minimal batas krja untuk pencairan dplk indolife.. Sayalai bkrja pada th 2012 akan ttpi mndpatkan dplk indolife trcatat pada th 2015 apakah kalau out krja bisa cair..??? Tks

    Like

  10. Asalamualaikum
    Pak berapa lama bisa cair dananya?
    Karna Say sudah isi from nya semua dan di suruh menunggu udah 1 bulan lebih tapi belum masuk dana nya
    Mohon tanggapannya.

    Like

  11. Assalamuallaikum’
    Maaf ibu, saya mau tanya,
    Pencairan dana dplk saya sudah satu bulan lebih kenapa belum cair,
    Status saya phk Bu, dan persyaratan untuk klaim sudah selesai tinggal disuruh nunggu aja kata pihak bank mandiri,.
    Kartu dplk di ambil sama pihak bang,
    Saya bingung mau klaim kemana, pihak bang gak ngasih jaminan berupa surat apapun,
    Mohon pencerahannya ibu, terima kasi

    Like


  12. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsSlamat siang, nama saya Zainul Fannani mantan karyawan Adira Cabang Selong, Area BNT dengan no nik (10049980). Per tgl 1 Agustus 2018 saya sudah tidak bekerja di Adira. Saya sudah mengajukan pencairan DPLK melalui perwakilan HRD cab. Selong, semua formulir dan persyaratan yang di minta sudah saya lengkapi, tapi sampai hari ini dana nya tidak kunjung cair. Kalau boleh tau kendalanya apa?

    Like

  13. Salamualaikum bu debby. Ada 2 hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Usia saya sudah genap 30 tahun bulan maret ini, apakah keseluruhan dana iuran dan investasi bisa dicairkan?
    2. Pengisian formulirnya apakah kolom ttd perusahaan harus di isi jg? Karena saya sudah resign dan berjauhan dari kantor sebelumnya saya bekerja. Trims.

    Like

  14. Maaf bu, saya mautanya bagai mana cara mencairkan dplk saya, saya sudah bekerja selama 7thn,di thn 2012 saya berhenti, selama 7thn itu saya tidak pernah d beri kartu peserta, lalu bagai mana caranya saya bisa mencairkannya bu? saldo akhir saya ada,tolong keterangannya bu? trmksih

    Like

  15. Maaf bu, saya sudah berheti bekerja,apa masih bisa saya urus lagi kartunya? Saya tinggal dekat kota pekan baru apakah ada kantor manuleif d pekan baru, klw ada tolong infokan alamatnya atau no tlpn yang bisa saya hubungi. tmksh ibu.

    Like

  16. Maaf bu,,, saya sudah berhenti berkerja dari perusahaan tersebut.Ingin mencairkan DPLK semuanya,Tetapi umur saya masih 29 tahun. Apakah pencairan DPLK bisa di cairkan semuanya bu. Mohon penjelasannya, terima kasih banyak bu.

    Like

  17. Assalamu’alaikum
    Maaf bu saya mau tanya,,, Saya sudah berhenti bekerja di perusahaan tersebut ingin mencairkan DPLK semuanya.. Tetapi umur saya masih 29 thun, apakah pencairan DPLK bisa di cairkan semuanya. Mohon tolong informasinya bu, terima kasih.

    Like

  18. Saya mau mencairkan dana dplk / jiwasraya, usia saya udah 31 thn, dan saya udah resign dari perusahaan tempat saya kerja. Sebagian dana sudah cair, tapi sebagian blm bisa dicairkan dengan alasan, baru bisa dicairkan setelah usia 45 thn. Sekarang saya lagi butuh biaya untuk pembangunan rumah yang tertunda, apakah dana itu bisa dicairkan diusia saya yang 31 thn?

    Like

  19. Min, mau tanya brp lama proses pencairan dana DPLK jika kita cairkan melalui kantor cabang bukan kantor pusat manulife? Mohon bantuannya trims

    Like

  20. hallo.. kira2 berapa lama ya uangnya turun setelah kita proses dplk.. petugas bri nya bilang 14 hari.. tp kok smpe skrg blm turun juga ya ? sy proses tggl 17 feb.. sekarang tggl 5 maret blm turun juga..

    Like

    1. Mohon maaf cuma mau bantu jawab,
      Sebaiknya kita yg lebih aktif pak tanyak ke call center manulifenya pak 021-25557777. Klo dokumen sudah lengkap paling cepet cair 3-5 hari kerja. Tp tidak tutup kemungkinan bisa maksimal 14 hari kerja. Yg terpenting sih kita nasabah yg lebih aktif tanya ke call center sudah sampai mana proses pengajuan pencairanya atau ada data yg kurang atau tidak. Itu sih pengalaman dari saya kemarin.

      Like

  21. Kalau tidak diberi kartu DPLK dari perusahaan tempat bekerja apakah bisa mencairkannya???
    Saya dulu kerja di perusahaan Indomarco Prismatama/Indomaret dan berhenti di usia 31th, sudah 9,5th kerja.

    Like

  22. Selamat bu sya eko mao tanya sya berhenti kerja 3 bulan yg lalu…trs sya mao mencairkan dana dplk sya harus kirim syarat nya ap dteng langsung ke kntor

    Like

  23. Assalamu Alaikum Ibu Nurul,
    Saya karyawan disebuah perusahaan. Umur saya 33 tahun. Dan saya adalah peserta DPLK manulife.Pertanyaan saya apakah saya bisa mencairkan dana DPLK manulife saya jika saya resign dari perusahaan tempat saya bekerja.?… Terima kasih….

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.